materi asking and giving attention




MATERI PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS 8


CHAPTER 1
ASKING AND GIVING ATTENTION



A.    Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.3 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan mengungkapkan pendapat, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.3.1 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi social dari ungkapan meminta perhatian dengan benar

4.3 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan, larangan, dan himbauan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.4.1        Menyusun teks interaksi interpersonal tulis yang melibatkan tindakan meminta perhatian dengan benar
4.4.2        Melengkapi teks dialog rumpang dengan benar.
B.     Tujuan  Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.    Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi social dari ungkapan meminta perhatian dengan benar.
2.      Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan meminta perhatian dengan benar
3.      Melengkapi dialog rumpang dengan benar.

C.    Materi Pembelajaran
1.      Materi pembelajaran regular



Examples of asking for and giving attention :
(source : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris When English Rings a Bell kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)



Getting someone’s attention (Mendapatkan perhatian seseorang)
-          Excuse me! (permisi)                                                                    
-          Attention, please! (mohon perhatiannya!)
-          May I have your attention? (bolehkah saya meminta perhatianmu)       
-          Can  I get your atteion? (dapatkah saya meminta perhatianmu?)
-          Give me attention! (berikan saya perhatianmu)
-          Listen! I have something to tell you. (dengarkan! saya mempunyai sesuatu yang ingin kukatakan padamu)
-          Look! What I’ve got here (lihatlah! Apa yang telah aku dapatkan)
-          I need your ettention, please! (saya butuh perhatianmu!)
Showing attention (Menunjukkan perhatian )
-          Alright  (baiklah)                                                        
-      Tell me more about it. (ceritakan lebih banyak tentang itu)
-          I see (saya tahu)                                                        
-      Is that all? (apakah semua itu benar)
-          Certainly (tentu)                                                        
-      are you sure? (apakah kamu yakin)
-          Yes, ma’am (ya, bu)                                                  
-      what happened next? (apa yang terjadi selanjutnya)
-          Really? (benarkah?)                                                 
-     What’s next? (apa selajutnya)


Example :
Teacher         : Hello, everybody1 may I have your attention, please?
Students       : Yes, ma’am
Teacher         : We are going to have an outdoor activity to Borobudur temple next Sunday
Students       : Really?
Teacher         : Absolutely
Students       : Horray
Teacher         : So, prepare anything because you will have a hunting tourist activity there
Students       : Thank you, ma’am
Teacher         : Don’t mention it

Untuk materi yang lebih lengkap beserta latihan soal silakan buka link berikut ini : https://drive.google.com/file/d/1syj9ihmdEkGgdqmFX-_gN1ERqEQufaAr/view?usp=drivesdk

Komentar

  1. Nama : khaila farasia prambandani
    Kelas : 8D
    No: 15 siap mengerjakan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RECOUNT TEXT PERTEMUAN KEDUA

obligation, prohibiton, and suggestion